• image description Eng
  • image description Eng
  • image description Eng

WORKSHOP "REPOSITORY ( Integrasi Rama, Sinta dan Anjani ) Sebagai Sarana Penyimpanan Karya Intelektual Civitas Akademika Politeknik Yakpermas Banyumas"

image description

Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ( UP2M ) Politeknik Yakpermas Banyumas Mengadakan Workshop "REPOSITORY ( Integrasi Rama, Sinta dan Anjani ) Sebagai Sarana Penyimpanan Karya Intelektual Civitas Akademika Politeknik Yakpermas Banyumas" yang di lakukan secara Internal yang di mana seluruh dosen Politeknik Yakpermas Banyumas Mengikuti kegiatan yang di laksanakan pada tanggal 08 - 09 Oktober 2020 dengan melalui Zoom

Saat ini perkembangan teknologi dan kemudahan memperoleh akses internet, menyebabkan semakin banyaknya informasi yang tersedia bebas. Kemudahan ini dapat memberikan kesempatan bagi pengguna teknologi yang tidak bertanggung jawab melakukan pelanggaran terhadap Hak Asasi Kekayaan Intelektual (HAKI). Contoh pelanggaran HAKI yang sering terjadi dalam lingkungan akademi Perguruan Tinggi adalah penjiplakan suatu karya ilmiah.

Praktik plagiat kadang sulit dihindari, misalnya praktik  plagiat yang terjadi di kalangan mahasiswa yang sedang menyusun Tugas Akhir. Oleh karena itu institusi  perlu mengambil tindakan untuk menangani praktik plagiat, demi membangun karakter mahasiswa agar menjadi Sumber Daya Manusia yang berkualitas, bermoral Pancasila dan berdaya saing tinggi.

Dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi karya ilmiah yang dihasilkan oleh para peneliti baik mahasiswa/dosen, Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Yakpermas Banyumas mengadakan workshop plagiarism.  Hal ini mencakup standar kejujuran dan kepercayaan yang terlibat dalam disiplin ilmu dan cara-cara yang digunakan untuk mengakui sumber ide dan data. Jika plagiarisme atau penjiplakan ditemukan, itu tidak hanya membuat peneliti yang bersangkutan dikenakan sanksi serius, tetapi menimbulkan pertanyaan tentang integritas pribadi peneliti tersebut.

Rama merupakan repositori nasional laporan hasil penelitian baik berupa skripsi, tugas akhir, proyek mahasiswa (diploma), tesis (S2), disertai (S3) ataupun laporan penelitian dosen / peneliti yang bukan merupakan publikasi di jurnal, konferensi maupun buku. Dengan mengintegrasikan Repository yang ada di perguruan tinggi dan lembaga penelitian, maka setiap penelitian yang sudah dilakukan diperguruan tinggi khususnya tugas akhir mahasiswa dan lembaga penelitian dapat terhindar dari dublikasi dan plagiarisme hasil penelitian Rama akan terhubung dengan Anjani ( Anjungan Integrasi Akademik ) sebagai alat pendeteksi plagiasi nasional, yang mengintegrasikan data dengan Garuda dan Sinta. Rama dan mengambil API data mahasiswa dari PDDIKTI dan juga meng-crawling dokumen tugas akhir maupunt penelitian dosen / mahasiswa dari repository institusi - institusi. Selanjutnya, API data dokumen tugas akhir tersebut akan diintegrasikan ke SINTA.

Copyright © 2019 All Rights Reserved