• image description Eng
  • image description Eng
  • image description Eng

POLITEKNIK YAKPERMAS BANYUMAS GELAR WEBINAR INTERNASIONAL SECARA DARING

image description

Politeknik Yakpermas Banyumas akan menggelar Webinar Beasiswa S-2/S-3 menggandeng ilmuwan luar negeri dari Jepang. Kegiatan tersebut direncanakan berlangsung hari Sabtu, 18 Desember 2021 pukul 08.00 secara daring (on-line).

Tampil sebagai nara sumber dalam Webinar bertajuk “Golden Ways to Get Master & PhD Scholarship” masing-masing Dr Fujikawa Yoshinori, peneliti Waku Pro yang berbasis di Hijiyama University Hiroshima Jepang; Dr Tuswadi, anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI)/Direktur Politeknik Banjarnegara dan Ns Wulan Sitadani SKep, alumni Pemagang di Kagoshima Jepang.

Rahaju Ningtyas SKp MKep, Direktur Politeknik Yakpermas Banyumas menyampaikan, bahwa Webinar berbintang tamu pakar luar negeri tersebut terlaksana atas kerjasama lembaga yang dipimpinnya dengan Politeknik Banjarnegara dan Waku Pro Japan. “Kampus kami telah MoU kerjasama pendidikan dan riset dengan Politeknik Banjarnegara dan Waku Pro Japan di Hiroshima dan di akhir tahun 2021 ini implementasi kerjasamanya berupa kegiatan Webinar," katanya, Jumat (17/12/2021)

Rahaju Ningtyas mengatakan webinar terbuka untuk umum. Jadi siapapun boleh mendaftarkan diri dan mengikutinya. Isinya sangat penting yakni tentang bagaimana proses praktis mendapatkan beasiswa master dan doktoral di kampus dalam dan luar negeri. Semua peserta akan diberikan e-certificate. "Saya akan membagikan pengalaman sukses saya meraih beasiswa full teacher training dari pemerintah Jepang dan beasiswa S-2/S-3 di Hiroshima University dalam Webinar Politeknik Yakpermas, Banyumas," jelas Dr. Tuswadi.

Seperti diketahui, Politeknik Yakpermas Banyumas pada mulanya bernama Akademi Keperawatan (Akper) Yakpermas (1992) dan pada 2018 Akademi Keperawatan Yakpermas Banyumas mengembangkan diri menjadi Politeknik Yakpermas Banyumas. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 832/KPT/I/2019, ada penambahan 2 (Dua) Program Studi, 

sehingga menjadi 3 prodi yaitu : Program Studi DIII Keperawatan, Program Studi DIV Akuntansi Sektor Publik, dan Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medis.

Pada perubahan bentuk tersebut memberikan peluang kepada Politeknik Yakpermas Banyumas untuk mengembangkan diri lagi untuk menambah 1 (Satu) Program Studi, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 401/M/2020 yaitu Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.

Sementara itu Dr Tuswadi, Direktur Politeknik Banjarnegara menyampaikan, Dr Fujikawa akan mengenalkan sisi-sisi budaya Jepang dan hasil wawancara beliau dengan sejumlah mahasiswa S-2/S3 asal Indonesia yang sedang belajar di Hiroshima University. "Insaa Allah sangat bermanfaat sekali bagi millenials termasuk para dosen yang berniat ambil S-3 ke luar negeri,” kata Dr Tuswadi, Direktur Politeknik Banjarnegara, salah satu nara sumber Webinar Politeknik Yakpermas Banyumas.

 

 

Copyright © 2019 All Rights Reserved